Langsung ke konten utama

Pengalaman Belajar PTI

MENDESKRIPSIKAN PENGALAMAN BELAJAR PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI


Pengalaman belajar saya selama menempuh  mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI) mulai dari pertemuan pertama sampai dengan sekarang, beraneka ragam perasaan yang saya rasakan mulai dari perasaan senang dan adapula bingung, Karena tugas buku yang diberikan oleh bapak Anang Andrianto, tugas tersebut merupakan pengalaman pertama saya dalam membuat buku. Pertemuan pertama  mata mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI) belum ada materi tetapi membahas tentang kontrak kuliah dan apa saja yang harus dilakukan oleh mahasiswa selama menempuh mata kuliah ini, dosen pengampu mata mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI) adalah Bapak Anang Andrianto,ST., MT. Awal pertemuan bapak Anang menjelaskan tentang sistem perkuliahannya, awal mula kami diberi tugas untuk membuat kelompok presentasi dan materi yang pertama adalah Sejarah perkembangan komputer, setelah membuat kelompok presentasi yang biasanya kelompok satu membahas kajian pada nomer satu tetapi untuk mata kuliah  Pengantar Teknologi Informasi (PTI) ini berbeda, tidak hanya kelompok presentasi pertama saja yang membuat  PPT melainkan semua kelompok, namun untuk kelompok lainnya membuat PPT tetapi tidak untuk dipresentasikan namun sebagai tugas yang telah disediakan di E-learning. Setelah PPT selesai dibuat maka bapak Anang akan membuatkan dropbox di E-learning untuk pengumpulan pptnya.
            Selain itu bapak Anang juga menjelaskan bahwa saat presentasi mahasiswa yang aktif akan mendapatkan nilai tambahan dari bapak Anang dan bagi mahasiswa yang kurang aktif supaya mencoba menjadi mahasiswa yang aktif jika ingin mendapatkan nilai tambahan. Setelah bapak Anang menyampaikan kontrak kuliah, rps dan lain sebagainya maka selesai sudah pertemuan kita yang pertama pada hari itu. Untuk pertemuan selanjutnya akan diadakan presentasi untuk kelompok pertama dan kelompok kedua secara bergantian dengan materi yang sama yaitu Sejarah Perkembangan Komputer, namun meskipun begitu cara penyampaian dan PPT mereka tidak sama, dan dari presentasi kedua kelompok inilah dapat dijadikan ruang untuk diskusi, dalam diskusi ini para audien harus benar benar mendengarkan dan mencatat poin poin penting dalam diskusi tersebut, karena nanti setelah diskusi itu selesai akan ada tugas individu resume hasil diskusi, resume tersebut ditulis tangan dalam sebuah kertas dan di Scan baru dikirim ke E- learning yang telah disediakan dropbox oleh Bapak Anang. Setelah presentasi kelompok satu dan dua selesai satu minggu kemudian akan dilanjutkan presentasi untuk kelompok tiga dan empat dengan prosedur yang sama yaitu tidak hanya presentator yang membuat PPT namun audien juga harus membuat PPT dan dikirim ke E-learning karena memang tugas ini menjadi tugas individu. Materi untuk pertemuan kali ini adalah Sistem Komputer, sistem presentasi masih sama seperti minggu lalu yaitu dilakukan secara bergantian dan setelah itu akan ada tugas resume untuk hasil diskusinya lalu dikirim melalui E-learning.
Sudah 2 minggu presentasi berlangsung dan pada pertemuan ke empat ini presentasi terus berlangsung, untuk presentasi kali ini akan membahas tentang Jaringan komputer. Seperti biasa presentator mulai mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya setelah selesai mempresentasikan kemudian tiba giliran kelompok selanjutnya dan setelah iitu baru sesi tanya jawab (diskusi). Pada diskusi ini para audien dituntut untuk menyimak dan berkonsentrasi  dalam segala aspek pertanyaan dan timbal balik sehingga ketika membuat resume menemukan banyak bahan (kajian) yang dapat disampaikan atau dituliskan. Seperti tugas tugas sebelumnya setelah membuat resume maka harus dikirim ke E-learning sebagai pemenuhan tugas individu. Nah selesai presentasi kelompok lima dan enam Bapak Anang memberikan tugas yang berbeda, disitu saya merasa kaget karena saya sudah mulai terbiasa dengan model perkuliahan seperti sebelumnya yang telah dilewati. Bapak Anang memberikan tugas disuruh membuat buku, menurut saya hal itu ditujukan untuk lebih memperdalam ilmu dalam menjalankan Microsoft Word. Memang tidak sedikit yang kebingungan tentang format buku tersebut termasuk saya, meskipun telah lama mengenal dunia tekhnologi dan mengenal Microsoft Word ternyata itu belum cukup, selama ini itu semua hanya awal saja dan belum pernah dipelajari dengan sungguh sungguh. Sebetulnya masih banyak yang belum dapat saya pahami dalam micrasoft word ini yang dahulu saya anggap mudah dan enteng. Ketika Bapak Anang menyuruh mebuat buku beliau tidak semata-mata langsung memberi tugas namun beliau masih menjelaskan cara-cara untuk membuatnya  jadi selama satu jam mata pelajaran digunakan untuk menerangkan. Ketika sudah dijelaskan maka tugas pembuatan buku pun dilaksanakan dan dikumpulkan minggu depan, karena tugas pembuatan buku ini baru pertama bagi saya, maka saya pun sedikit kebingungan dan tanya tanya kepada teman teman yang jauh lebih mengerti tentang microsoft word dan mulai browsing tata cara pembuatan buku, setelah seminggu berlalu maka tugas pembuatan buku dalam microsoft word pun telah terkumpul dan di cek oleh bapak Anang, ternyata tugas buku yang dikumpulkan oleh kelas saya banyak yang salah tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh bapak Anang, oleh karena itu bapak Anang menerangkan ulang tata cara pembuatan buku tersebut, dan setelah diterangkan ulang maka dikasih waktu satu minggu lagi untuk merevisi tugas buku yang salah tadi dan harus dikumpulkan minggu depan dengan format yang benar, satu minggu pun berlalu tugas refisi buku telah dikumpulkan, tetapi tetap saja masih banyak format yang salah dan tidak sesuai yang diharapkan oleh bapak Anang, oleh karena itu Bapak Anang menjelaskan kembali, karema sudah dua minggu tugas pembuatan buku berbasis microsoft word, maka bapak anang memberikan tugas UTS yaitu mendeskripsikan tentang pengalaman belajar Pengantar Teknologi Informasi (PTI) dan di beri waktu satu minggu untuk batas akhir pengumpulan tugasnya. Dan terakhir pengiriman di E-Learning sampai tanggal 1 mei 2018. Mungkin sekian dari deskripsi pengalaman belajar saya tentang PTI kurang lebihnya saya mohon maaf, untuk bapak Anang saya mengucapkan terimakasih karena berkat beliau saya bisa mempelajari Microsoft Word lebih dalam lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

makalah morfem

MAKALAH PRINSIP – PRINSIP PENGENALAN MORFEM Di susun oleh: 1.       Moch. Rafi Firmansyah        (1702104020 8 9) 2.       Amalia Sukmawati                (170210402 104 ) 3.       Ayu Intan Nursanjaya          (1702104021 10 PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER 2018-2019   KATA PENGANTAR       Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkonstribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya. Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan da...

LAPORAN HASIL OBSERVASI PROFESI KEPENDIDIKAN

LAPORAN HASIL OBSERVASI PROFESI KEPENDIDIKAN TUGAS AKHIR SEMESTER diajukan guna melengkapi tugas akhir matakuliah Profesi Kependidikan Oleh : ... NIM ... PROGAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER ..... 1. IDENTITAS GURU             Nama                          : LIPUR HERATIASIH Sp.d             NIP                              :196308081983032012             Bidang Studi    ...